Audit Internal

Peranan Audit Internal tidak terbatas pada mekanisme fungsi pengawasan aspek keuangan saja. Dengan semakin kompleksnya tata kelola organisasi yang modern, menuntut peran yang luas bagi Unit Audit Internal dalam menjalankan fungsi pengawasannya dengan menekankan pada aspek evaluasi efektivitas sistem organisasi, pelaksanaan standar operasional prosedur (SOP), mitigasi risiko, dan kesesuaian terhadap peraturan yang berlaku.

Peran tersebut bertujuan menjaga kualitas operasional serta kredibilitas Perusahaan di mata publik dan seluruh stakeholder, baik dari segi penerapan manajemen keuangan, administrasi, dan dari sisi kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku.

Guna mendukung tujuan tersebut Perusahaan merasa perlu menyusun pedoman terkait kedudukan, fungsi, tanggung jawab, persyaratan serta kode etik dalam memberikan ruang gerak bagi auditor internal dalam melaksanakan tugasnya. Pedoman tersebut tertuang dalam Piagam Audit Internal sebagai landasan serta komitmen PT Darma Henwa Tbk dalam menciptakan tata kelola Perusahaan yang akuntabel dan transparan. Perumusan piagam tersebut mengacu pada peraturan No.IX.I.7 yang dikeluarkan oleh Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam - LK) sebagai standar acuan.

Adapun substansi yang terkandung dalam Piagam Unit Audit Internal, terangkum dalam dokumen berikut:

Piagam Unit Audit Internal