Komitmen atas K3L

Sebagai Perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan umum dengan potensi risiko kerja tinggi, pemenuhan aspek Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan (K3L) yang berorientasi pada kualitas produksi, merupakan syarat mutlak demi menjamin kepentingan seluruh stakeholder. Maka dari itu, PT Darma Henwa Tbk berkomiten untuk memadukan ke empat aspek tersebut dengan merumuskan serta menyusun dasar pelaksanaan dan pengembangan sistem manajemen, berikut mitigasi risiko melalui Pedoman DEWA. Penyusunan pedoman ini dimaksudkan agar fungsi-fungsi tersebut berjalan secara terstruktur, dan meminimalisir hambatan, serta gangguan dalam kinerja operasional Perusahaan.

Secara garis besar substansi dari Pedoman DEWA terdiri dari: landasan legal-formal, tujuan-tujuan yang terkandung dalam visi, misi, serta core values Perusahaan sebagai fundamental pelaksanaan. Sedangkan dari segi teknis, substansinya meliputi: pemahaman area usaha Perusahaan dan ruang lingkup manajemen, mekanisme operasional, pengawasan dan metode pengukurannya, serta referensi dalam pemenuhan standar jaminan mutu/lisensi kegiatan pada masing-masing aspek.

Dalam rangka menjamin terlaksananya program tersebut, manajemen menetapkan tujuan dan target sebagai parameter keberhasilan, guna mendukung tercapainya visi Perusahaan, dengan berupaya:

  • Memenuhi dan mematuhi peraturan perundangan pemerintah yang berlaku dan persyaratan lainnya yang terkait.
  • Mengenali, menilai dan mengelola risiko yang akan timbul dari suatu kegiatan pekerjaan.
  • Menciptakan  lingkungan  kerja  yang  sehat dan  aman  yang  dapat  mencegah dan mengurangi terjadinya penyakit akibat kerja, kecelakaan kerja, pencemaran lingkungan yang berdampak negatif kepada manusia, lingkungan, peralatan, mutu dan masyarakat di mana kita beroperasi.
  • Memastikan semua informasi penting perusahaan terjaga dan terkelola dengan baik.
  • Mendorong secara aktif kepada seluruh karyawan, rekanan dan pemangku kepentingan lainya agar terlibat untuk mempraktekkan  bekerja dengan sehat dan aman dalam mencapai kinerja yang tinggi.
  • Menyediakan sumber daya yang memadai dan memiliki kemampuan yang handal termasuk penyediaan dan penggunaan prasarana,  peralatan kerja dan alat pelindung diri yang layak untuk mengelola semua risiko, pencapaian tujuan dan target yang ditetapkan.
  • Mengutamakan pelayanan jasa bagi para pengguna jasa berdasarkan kepedulian yang tinggi terhadap masalah mutu dan berorientasi kepada standar yang berlakuserta senantiasa melakukan penyempurnaan yang terus menerus.
  • Menyiapkan kerangka kerja yang sesuai dengan kebijakan ini, dan senantiasa dikelola serta dilaporkan kinerjanya secara berkala.
  • Manajemen akan melakukan peningkatan yang berkesinambungan untuk memastikan bahwa sistim menajemen terintegrasi masih efektif dan relevan dalam pelaksanaan operasional kami.