Kuartal Pertama 2020, Produksi Batubara Darma Henwa Tumbuh 19,43%

SIARAN PERS

Kuartal Pertama 2020, Produksi Batubara Darma Henwa Tumbuh 19,43%

 

Jakarta, 22 April 2020 – PT Darma Henwa Tbk (DEWA) terus mencatatkan pertumbuhan kinerja produksi, terlihat dari kenaikan coal delivery yang dikontribusi oleh seluruh proyek tambang batubara Perseroan. Pada kuartal pertama 2020, coal delivery DEWA mencapai 4,23 juta ton, atau tumbuh 19,43% dari 3,54 juta ton pada kuartal pertama tahun lalu.

 

Coal delivery pada proyek tambang batubara Bengalon di Provinsi Kalimantan Timur tumbuh 17,54% menjadi 2,25 juta ton. Kemudian, coal delivery di proyek tambang batubara Asam Asam di Provinsi Kalimantan Selatan naik 18,70% ke posisi 1,76 juta ton. Terakhir, coal delivery proyek tambang batubara Satui di Provinsi Kalimantan Selatan meningkat sebesar 52,01% menjadi 217.705 ton.

 

Perbaikan kinerja operasional juga terlihat pada pengupasan tanah (overburden removal) yang tercatat 31,84 juta bcm sepanjang kuartal pertama tahun ini. Angka tersebut naik 27,78% dibandingkan 24,92 juta bcm pada kuartal pertama tahun lalu. Overburden removal di proyek tambang batubara Bengalon mencatatkan kenaikan tertinggi sebesar 42,96% dari 15,74 juta bcm di kuartal pertama 2019 menjadi 22,51 juta bcm di kuartal pertama 2020. Ada pun, porsinya menyumbang 70,68% terhadap total overburden removal DEWA.

 

Sementara, overburden removal pada proyek tambang batubara Asam Asam tercatat 7,03 juta bcm. Lalu overburden removal proyek tambang batubara Satui yakni 2,30 juta bcm.

 

“Hal ini menunjukkan peningkatan kinerja operasi Darma Henwa, seiring perbaikan dan penambahan alat serta peningkatan produktivitas dan jam kerja yang efektif. Di tengah pandemi Covid-19 ini, Perseroan terus berusaha agar operasional tambang dapat berjalan dengan baik dengan tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan kerja,” sebut Corporate Secretary DEWA Mukson Arif Rosyidi.

 

Selama kuartal pertama ini, kegiatan operasional di proyek tambang batubara DEWA masih berjalan normal meski adanya pandemi Covid-19 di Indonesia. Namun demikian, Perseroan tetap memperhatikan dan mengupayakan pencegahan dan antisipasi penyebaran Covid-19 di masing-masing lokasi proyek yang dilakukan secara ketat dan terkontrol, dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19 kepada seluruh pekerja Perseroan. Ada tiga protokol pencegahan Covid-19 yang menjadi acuan DEWA dalam mencegah penyebaran Covid 19 yaitu protokol bekerja di rumah, protokol penanganan karyawan yang dicurigai terpapar Covid-19, serta protokol respons untuk suspect Covid-19 di area tambang.

 

Mukson menjelaskan, untuk mengurangi dampak penyebaran Covid-19 terhadap operasional, saat ini DEWA melakukan upaya pencegahan dengan tidak memperbolehkan karyawan untuk cuti atau off keluar dari area pertambangan Perseroan sejak tanggal 1 April sampai batas waktu yang akan ditentukan kemudian. Disamping itu DEWA juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan screening form, karantina mandiri bagi karyawan yang baru datang dari cuti, menerapkan physical distancing di area kerja, termasuk dalam proses perjalanan atau penjemputan pekerja dari dan ke tempat kerja, maupun selama bekerja, dan memberikan pelatihan bagi tim medis di lokasi proyek Perseroan.

 

Selain itu, DEWA juga melakukan penerapan work from home untuk pekerja yang berada di kantor pusat dan Balikpapan; pembatasan atau penundaan perjalanan dinas dalam dan luar negeri; penggunaan fasilitas teleconference atau video conference untuk pertemuan bisnis antara manajemen kantor pusat, lokasi proyek, maupun antar karyawan dan pihak eksternal; menyediakan hand sanitizer dan masker di kantor dan area operasional; serta membersihkan lingkungan kerja secara intensif termasuk penyemprotan disinfektan di tempat kerja, workshop, dan kamp.

 

 

 

 

 

Tentang PT Darma Henwa Tbk

PT Darma Henwa Tbk didirikan pada 8 Oktober 1991. Pada bulan Juli 1996, perusahaan mengubah statusnya dari PMDN menjadi perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dengan masuknya Henry Walker Group Limited sebagai pemegang saham terbesar Perseroan. Di bulan Januari 2005, Perseroan mengubah namanya menjadi PT HWE Indonesia dan pada bulan September 2006 berubah lagi namanya menjadi PT Darma Henwa. Di tahun 2007, PT Darma Henwa Tbk menjadi perusahaan publik dengan kode saham DEWA.

 

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

Mukson Arif Rosyidi

Corporate Secretary PT Darma Henwa Tbk

Tel:  (62-21) 2991 2350

Fax: (62-21) 2991 2364/65

Email: corporate.secretary@ptdh.co.id