Profil Perusahaan

PT Darma Henwa Tbk (Perseroan) didirikan sebagai perusahaan berstatus Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan nama PT Darma Henwa berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia dengan Akta No. 54, tanggal 8 Oktober 1991.

Pada bulan Juli 1996, Perusahaan mengubah statusnya dari PMDN menjadi perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dengan masuknya Henry Walker Group Limited sebagai pemegang saham terbesar Perseroan. Pada bulan Januari 2005, Perseroan mengubah namanya menjadi PT HWE Indonesia dan pada bulan September 2006 berubah lagi namanya menjadi PT Darma Henwa Tbk. Di tahun 2007, Perseroan menjadi perusahaan public dengan nama PT Darma Henwa Tbk dengan mencatatkan 3.150.000.000 (tiga miliar seratus lima puluh juta) saham biasa di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham DEWA.

Kegiatan utama Perseroan saat ini adalah bergerak dalam bidang jasa kontraktor pertambangan, jasa penambangan umum, pemeliharaan dan perawatan peralatan. Hal ini sejalan dengan lingkup usaha sebagaimana tercantum dalam Anggaran Dasar Perseroan yang meliputi:

  1. Pembersihan permukaan tanah;
  2. Pemindahan tanah pucuk;
  3. Pemindahan lapisan penutup;
  4. Pengangkutan batubara;
  5. Pengapalan batubara; dan
  6. Penyewaan alat.

Sejak berdiri sampai saat ini, beragam proyek pertambangan dari klien-klien terkemuka telah dikerjakan oleh Perseroan dengan hasil dan kualitas yang dapat dibanggakan dan menempatkan Perseroan sebagai penyedia jasa pertambangan terkemuka di Indonesia.

Sampai dengan akhir September 2017, proyek-proyek pertambangan yang dikerjakan Perseroan meliputi:

Untuk lebih memfokuskan pengembangan bisnisnya pada jasa kontraktor pertambangan, Perseroan melakukan divestasi terhadap beberapa anak perusahaannya, yaitu Coal Vista Resources  pada tahun 2011, PT DH Energy  dan Corfield Investments Limited pada tahun 2014, dan di tahun 2015, Perseroan mengakuisisi PT Cipta Multi Prima  yang memiliki usaha pelabuhan pengangkutan batubara untuk mendukung struktur usaha Perseroan di bidang jasa kontraktor pertambangan.

Reputasi Perseroan dalam jasa kontraktor pertambangan semakin lengkap dengan keberhasilannya meraih ISO 9001, ISO 14001, dan OHSAS 18001 di tahun 2010 yang terus berhasil dipertahankan hingga saat ini.

Dengan pengalaman dan reputasinya selama lebih dari 25 tahun di bisnis jasa pertambangan, dan didukung oleh tim manajemen yang handal, Perseroan terus berupaya memberikan jasa pertambangan yang terbaik kepada setiap kliennya.

Tekad perusahaan untuk menjadi yang terbaik diwujudkan dengan melakukan pengembangan bisnis dan perbaikan-perbaikan positif di setiap proses bisnis, baik di pusat maupun di lokasi tambang dari segi waktu, kualitas, proses kerja dan manajemen yang terstruktur sehingga mampu menjawab setiap tantangan, halangan serta dinamika perekonomian di masa-masa mendatang.