Program CSR

CSR Program

Berdasarkan hasil dari perumusan kebijakan program CSR, Perusahaan menempatkan 4 (empat) program utama yang terdiri dari:

  1. Darma Cerdas

Darma Cerdas merupakan komitmen Perusahaan dalam memberikan kontribusi bagi peningkatan aspek pendidikan masyarakat secara menyeluruh. Alur pelaksanaan program ini meliputi, peningkatan dukungan sarana dan prasarana pendidikan, dukungan finansial pendidikan melalui beasiswa, serta fasilitas pengembangan kemampuan melalui program praktik kerja dan magang bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Rincian dari program Darma Cerdas antara lain:

  • Pemberian beberapa bantuan fasilitas sekolah seperti bantuan sarana bis untuk para pelajar di Desa Sepaso Bengalon, Kalimantan Timur, bantuan pembangunan aula dan tempat ibadah di SD Islam Al Hikmah Bengalon serta bantuan pemateri Gugus Depan Pramuka SMAN 01 Bengalon.
  • Pemberian bantuan 13 (tiga belas) meja kayu, 5 (lima) lemari kayu dan 2 (dua) papan tulis kepada sekolah di Kecamatan Malinau Selatan , Kalimantan Timur yang diberikan melalui Camat Malinau Selatan.

Pemberian kesempatan kepada siswa-siswi SMK dan mahasiswa yang berlokasi di sekitar wilayah-wilayah operasional Perseroan untuk melakukan praktek kerja/ magang di kantor operasional Perseroan.

  1. Darma Mandiri

Program Darma Mandiri merupakan program CSR Perusahaan dalam bidang ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di sekitar wilayah proyek, dengan cara memberikan kesempatan untuk berwirausaha dalam bidang pertanian, perkebunan, peternakan (Darma Tani) dan usaha jahit serta bordir (Darma Sandang). Kegiatan CSR yang dilakukan Perseroan dalam program Darma Mandiri ini antara lain :

Pemberian bantuan mesin bordir kepada usaha bordir yang dilakukan oleh kelompok remaja FKPI Kecamatan Kintap yang dilakukan oleh Perusahaan untuk wilayah proyeknya di Asam-Asam, Kalimantan Selatan. Dengan bantuan mesin bordir dari Perusahaan, kelompok remaja FKPI Kintap mendapatkan penghargaan Stand Terbaik dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Laut ketika mengikuti Pameran Pembangunan yang diselenggarakan pemerintah daerah setempat dalam rangka memperingati ulang tahun Kabupaten Tanah Laut yang ke-49 pada bulan November 2014.

Selain penghargaan tersebut, kelompok remaja FKPI Kintap juga mendapatkan pesanan pengerjaan bordir logo atau emblem dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Laut.

Pemberian bantuan penanaman padi untuk masyarakat Bengalon dan penamanan seribu pohon dalam rangka acara Hari Lingkungan Hidup.

  1. Darma Sehat

Program Darma Sehat merupakan program CSR Perusahaan dalam bidang kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dengan cara memberikan bantuan, penyuluhan kesehatan, hingga ke pencegahan penyakit di tengah masyarakat.  Upaya-upaya tersebut dilakukan dengan melibatkan karyawan Darma Henwa, mitra kerja, lembaga pemerintahan, dan klien pemilik tambang. 

  1. Kepedulian Sosial

Sebagai bentuk kepedulian sosial Perusahaan terhadap masyarakat  di sekitar wilayah operasional, Perusahaan mencanangkan program CSR yang berbasis pada pemenuhan fasilitas lingkungan dan kegiatan sosial. Kegiatan pembangunan fasilitas lingkungan masyarakat meliputi pemberian bantuan seperti; perbaikan jalan, penyambungan listrik desa, pemberian tangki air, perbaikan bangunan-bangunan sekolah dan gedung pertemuan serta pembangunan ataupun pemeliharaan tempat ibadah.

Selain itu, Perusahaan juga mendukung pelaksanaan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan dalam meningkatkan interaksi sosial, komunikasi serta inklusi masyarakat seperti; Perayaan 17 Agustus, HUT daerah setempat, HUT instansi  berwenang setempat dan acara-acara adat. Tanggung jawab sebagai wujud kepedulian sosial lainnya berupa kebijakan dalam mempekerjakan masyarakat lokal sebagai karyawan (non staf dan staf) pada kantor operasional Perusahaan di masing-masing wilayah proyeknya.

  1. Olahraga dan Seni

Perusahaan berperan aktif dalam melakukan kegiatan CSR di bidang olah raga dan seni di lingkungan wilayah proyek Perusahaan. Kegiatan dari program ini meliputi pemberian donasi alat-alat olah raga dan partisipasi dalam sponsor kegiatan PORSENI, pertandingan volley, bulu tangkis, sepak bola dan futsal. Dalam event BUPATI CUP 2014 Bengalon dan turnamen futsal di Malinau Selatan, Kalimantan Timur, Perusahaan berpartisipasi sebagai sponsor pada kegiatan tersebut.