Program K3L

PROGRAM K3L DI TAHUN 2016

Tahun 2016 adalah tahun ke-tujuh penerapan Sistem Manajemen  Terintegrasi  DEWA  sejak  dikembangkan di  tahun  2010  silam.  Dalam menjamin penerapan K3 di wilayah operasional perusahaan, di tahun 2016, Perseroan mengembangkan sistem manajemen K3 yang telah berjalan selama ini dengan meningkatkan keefektifan implementasi K3 melalui penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP), meningkatkan kompetensi personil khususnya pemahaman K3, dimana salah satunya dengan peningkatan jumlah personil yang berhasil menerima sertifikasi Pengawas Operasional dari ESDM, meningkatkan kepedulian manajemen dengan kegiatan awareness penerapan K3L dalam operasional perusahaan.

Namun demikian, Perusahaan  tetap menjalankan program  unggulan  K3 lainnya, yaitu:

1. DEWA PORTAL (Pengendalian  Operasional Risiko Fatal)

DEWA  PORTAL  adalah  program  manajemen keselamatan  kerja  yang  berfokus  pada  aktivitas- aktivitas  berisiko  fatal.  Dengan  meminimalisasi risiko dalam aktivitas-aktivitas berisiko fatal, secara otomatis  akan  meminimalisasi  kecelakaan  kerja dalam operasional perusahaan.

2. DEWA ZAZHE (Zero Accident Zero Human Error)

Keberadaan  human  error  dalam  pekerjaan  sulit untuk  dihilangkan.  Human  error  yang  sama dilakukan  berulang  tanpa  upaya  pengendalian adalah  pintu  menuju  kecelakaan  kerja.  Menyadari hal  tersebut,  Perseroan  mengembangkan  program DEWA  ZAZHE  yang  bertujuan  untuk  mendeteksi secara  cepat  tindakan  human  error  dan  dilakukan upaya  pengendalian  dan  pencegahan  untuk  tidak terulang. Keseluruhan  program  ini  menerapkan peran  proaktif  pekerja  untuk  menjadi  pekerja yang  peduli  akan  K3,  dimana  pekerja akan dilibatkan  secara  langsung  untuk  menjalankan aktivitas  K3  dalam  setiap  pekerjaan  yang dilakukannya,  sehingga  pekerja  akan  mampu mendeteksi dini suatu human error dan secara aktif mengendalikan dan melakukan pencegahan untuk tidak berulang dan menyebabkan kecelakaan kerja.

3. DEWA  SMKK  (Sistem  Manajemen  Keselamatan Kontraktor)

Perseroan  mengembangkan  program DEWA  SMKK  untuk  melakukan  pengelolaan dan  pembinaan  terhadap  subkontraktor  dalam mencapai  budaya  K3L  dalam  operasional  bersama dan  mencegah  terjadinya  kecelakaan  kerja. Melalui  program  pembinaan  yang  dikembangkan, subkontraktor  dilibatkan  secara  aktif  untuk menjalankan kegiatan-kegiatan K3L dalam aktivitas yang menjadi tanggung jawabnya. Hal ini penting, mengingat Subkontraktor  adalah  salah  satu  bagian  yang berkontribusi besar dalam menciptakan budaya K3L dan  mencegah  terjadinya  kecelakaan  kerja  dalam operasional  perusahaan.

4. DEWA Pengawasan dan Komunikasi Aktif

Program Pengawasan dan Komunikasi Aktif ini dikembangkan untuk memastikan proses pengawasan dilakukan dengan efektif dengan komunikasi aktif melalui media komunikasi BBM Group dan WhatsApp Group. Dalam program ini, setiap pengawas harus mendokumentasikan setiap kegiatan pengawasan yang dilakukan dan dikomunikasikan pada saat berlangsung melalui BBM dan/atau WhatsApp, sehingga hal-hal ketidak sesuaian atau informasi lainnya terkait implementasi K3 dalam setiap pekerjaan dapat terkomunikasikan dengan baik dan dilakukan upaya tindak lanjut yang tepat dan cepat.  Sementara itu, dalam rangka memastikan dan meningkatkan kesehatan pekerja, Perusahaan secara rutin menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan / medical check up kepada seluruh pekerja. Selain itu di setiap lokasi kerja, Perusahaan memberikan fasilitas layanan kesehatan yang dapat digunakan pekerja untuk memonitoring dan menjaga kesehatannya.